Senin, 19 Januari 2015

Cara Mendirikan Klub Sepakbola (SSB)



Mendirikan Klub sepakbola di Indonesia ternyata gampang-gampang susah. Gampangya karena aturannya sudah ada yang terhimpun dalam Pedoman Dasar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Susahnya kaena masih banyak pengurus cabang yang belum mengerti tentang aturan-aturan PSSI. Lebih sulit lagi, karena selain tidak mengerti beberapa pengurus cabang PSSI di berbagai daerah merasa paling berkuasa dan paling menentukan terhadap munculnya suatu klub sepakbola.

Memang benar, pengurus cabang PSSI adalah jajaran paling depan dalam pembinaan sepakbola di Indonesia. Tapi itu dulu. Sekarang, sekolah sepakbola (SSB) lebih mendominasi kegiatan pembinaan itu secara praktis. Alhasil, PSSI hanya perlu membina SSB untuk maju dan berkolrelasi dengan kebutuhan pemain oleh klub. Percuma SSB banyak jika ditunjang dengan banyaknya klup yang bertugas mengelola pemain ke kancah profesional. Oleh karena itu, sudah bukan waktunya lagi elemen PSSI mempersulit berdirinya klub. Klub akan lebih meramaikan kompetisi dan menggulirkan ekonomi masyarakat. Berikut ini cara mendirikan klub sepakbola anggota PSSI.

Persyaratan:
Sayarat suatu klub sepakbola tertera pada Pedoman Dasar PSSI pasal 5 tentang Syarat-Syarat keanggotaan yang isinya sebagai berikut:
  1. Menyetujui dasar, asaz, dan tujuan PSSI. Ketiga hal tersebut bisa dibaca langsung di Pedoman Dasar yang dijadikan referensi tulisan ini.
  2. Mempunyai badan hukum dan pedoman dasar yang tidak bertentangan dengan PSSI. Badan hukum yang lazim saat ini berupa perseroan terbatas dan yayasan. Kedua bentuk badan hukum ini telah digunakan oleh klub-klub besar yang saat ini berlaga di Liga Super Indonesia.
  3. Berkedudukan dan berkantor di kabupaten/kota tempat domisilinya. Tempat kedudukan ini juga dicantumkan dalam pedoman dasar atau anggaran dasar saat menghadap notaris. Sementara domisili kantor dibuktikan dengan surat keterangan doisili oleh kepala desa atau kelurahan setempat.
  4. Memiliki pelatih dan wasit. Pelatih sepakbola merupakan individu terlatih berlisensi PSSI dan afiliasinya seperti AFC, AFC, dan FIFA. Begitu juga dengan wasit. Kedua perangkat ini dibutuhkan oleh sepakbola dan ada sistem pendidikan yang disediakan oleh PSSI.
  5. Memiliki atau mendapatkan ijin meneggunakan dari pemilik atau pengelola stadion atau lapangan sepakbola yang memenuhi syarat.
  6. Mengajukan permohonan untuk menjadi calon anggota kepada Pengurus Cabang untuk mendapatkan rekomendasi Pengurus Daerah dan disetujui oleh Pengurus Pusat PSSI. Surat permohonan diajukan ke Pengurus Cabang PSSI dilampiri berkas pedaftaran yang berisi dokumen syarat 1-5 (Pernyataan setuju terhadap dasar, asaz, dan tujuan PSSI; Akte pendirian dan badan hukum; Surat keterangan domisili kantor; fotocopy sertifikat lisensi pelatih, fotocopy sertifikat lisensi wasit; dan Surat keterangan kepemilikan stadion atau surat pernyataan ijin penggunaan lapangan atau stadion).
  7. Untuk menjadi anggota, calon anggota harus memenuhi kewajiban seperti yang disyaratkan pada ayat 1 sampai dengan 6, dapat disahkan dan ditetapkan oleh Pengurus Pusat PSSI.

Dalam 7 persayaratan di atas tidak dicantumkan adanya keharusan memiliki pemain. Tapi di beberapa pengcab harus melampirkan daftar pemain (aneh tapi nyata sih..). Ikuti saja lah daripada harus nyogok.

Prosedur Pendirian Klub

Setelah syarat 1-5 ada semua, tibalah saatnya mengikuti prosedur (syarat 6-7). Jadi prosedurnya lakukan langkah syarat 6 dan 7. Di sinilah dinamika organisasi sepakbola dimulai. Anda yang berniat mendirikan klub bola harus "bermain". Karena meski aturan-aturan PSSI sudah jelas tapi manuasinya yang berbeda.

Di syarat nomor 6, kita wajib mengajukan permohonan ke Pengcab PSSI yang adanya di kota/kabupaten untuk menjadi calon anggota PSSI. Setelah itu Anda (pasti bersama-sama orang pengcab) menemui Pengurus Daerah (Pengda) PSSI untuk mendapatkan rekomendasi agar disahkan oleh Pengurus Pusat PSSI. Dinamika memohon, direkomendasi, hingga disahkan, tentu saja tidak gratis. Bahkan lebih dari sekadar ongkos transportasi, makan di jalan, atau sedakar fotocopy berkas.

Syarat sudah jelas, prosedur pun sudah jelas. Namun "dinamika" sepakbola yang membuat kita harus membayar mahal karena lobi-lobi yang terpaksa kolusi.

18 komentar:

  1. Sungguh sangat disayangkan mengapa kita ingin berbuat sesuatu untuk bangsa ini, tapi malah dipersulit atau diperas secara materi. Padahal mereka bawsanya mendapat anggaran dana dari FIFA untuk pembinaan sepak bola di tanah air.

    BalasHapus
  2. SSb Taruna Jati Kota Cirebon Jabar, ingin menjadi Club Sepak Bola dengan Nama Taruna Jati FC, demoga dapat terlaksana mohon dukungan kepada semua pihak terima kasih, bravo PSSI Bravo Indonesia, Bravo Cirebon .....

    BalasHapus
  3. SSb Taruna Jati Kota Cirebon Jabar, ingin menjadi Club Sepak Bola dengan Nama Taruna Jati FC, demoga dapat terlaksana mohon dukungan kepada semua pihak terima kasih, bravo PSSI Bravo Indonesia, Bravo Cirebon .....

    BalasHapus
  4. BARBIE FOOTBAL CLUB ACADEMY GARUT....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. SSB PERSIKAR KARANG ANYAR ARJAWINANGUN CIREBON

    BalasHapus
  6. SSB PERSIKAR KARANG ANYAR ARJAWINANGUN CIREBON

    BalasHapus
  7. ssb saring CMS FS Tanah Bumbu Kal SEL wa:082152617279

    BalasHapus
  8. Waduuuuh kok ribet ya
    Bgmana mau maju sepakbola Indonesia
    Kl mau buka ssb aja sulit
    Sdngkan bibit2.muda bnyak yg dr pedesaan & kampung2 tapi mereka tdk bs masuk ssb yg biaya nya terlalu mahal

    BalasHapus
  9. Kami dari klub sepak bola YAMBBA MATELAEN TABANG, kami ada tim sepakbola dari desa Tabang, kecamatan Rainis Kab. Kepl. Talaud, di ujung perbatasan indo-filipin, kami sangat ingin memajuhkan persepakbolaan di indonesia di mulai dari desa. Sampai saat ini kami trrus berusaha untuk mendirikan SSB, tapi kenyataannya tak seindah harapan kami, begitu banyak kesulitan dan tantangnnya

    BalasHapus
  10. Kami selalu Juara Namun status club kami belum jelas..padahal kami di papua itu gudang pemain.

    BalasHapus
  11. Mudah mudahan saya mau buka SSB bisa terlaksana dan lancar.
    SSB PERSEKAB Kampung Baru Citayam Bogor

    BalasHapus
  12. Semoga saya bisa dikasih jalan baik untuk mendirikan SSB Prima putra fc ciseeng bogor. Amiin

    BalasHapus
  13. SSB PORDES BOJONG MANDIRI SEGERA TERLAKSANA AAAAMMMIIINNN ��

    BalasHapus
  14. SSB WAMOAHO BUTENG MUDHAN SEGERA TERSDAFTAR DI PUSAT

    BalasHapus
  15. Setelah ssb sudah di legalitas,bagaimana tahap nya untuk mencari dana pembinaan nya lagi?

    BalasHapus